Dualboot Ubuntu & Windows, Install yang Mana Dulu???



Di indonesia ini lebih banyak pengguna windows daripada GNU/Linux, karena mayoritas masyarakat kita ini dari kecil sudah dikenalkan dengan windows daripada GNU/Linux.

Ada beberapa kelebihan linux ketimbang windows, salah satunya yaitu tahan terhadap virus, ya mungkin tidak 100% aman dari virus, akan tetapi lebih tahan ketimbang windows, dan apabila linux terkena virus mungkin usernya yang sedang mengantuk jadi menggunakan akses root sembarangan terhadap suatu aplikasi yang asal download dari internet, tidak seperti windows yang dengan mudahnya menjalankan aplikasi sebagai Administrator.

Saya sendiri masih pemula di GNU/Linux, ya dari kecil memang sudah kenal dengan windows, saya kenal linux sejak masuk SMK. Distro yang pertama kali saya kenal adalah Debian, saat kelas 10 saya sudah mencoba menginstall debian 7 cli, ya memang karena itu untuk Ujian Praktek Kejuruan saya nanti saat kelas 12. Saat kelas 11 ketika Prakerin saya sudah mulai kenal dengan beberapa distro linux seperti Backtrack (karena saya penasaran ingin jadi hekel waktu itu hehehe 😂), dan Ubuntu. 

Saya sekarang memakai distro Ubuntu, dan bergabung dengan grup Ubuntu Indonesia di Facebook. Nah, dari sana saya mendapat sebuah pertanyaan yang mungkin akan berguna untuk kalian yg ingin dualboot windows & ubuntu.

Seperti yang ditanyakan oleh mas Fadhkur Nuur Muchlis di bawah ini,


Nah, kalau bagi pemula lebih baik install windows dahulu, setelah itu baru install ubuntu. Alasannya adalah karena lebih mudah dan lebih banyak tutorial tentang itu. Tetapi, bagi kalian yang sudah advanced di dunia linux dan benar-benar paham konsep Boot, GRUB-Boot Loader, dan MBR, bisa mencoba install Ubuntu dahulu.

Tapi, jangan lupa abis install windows masuk menu bios/uefi terus matikan fastboot dan secure boot nya. Biar waktu abis install linux, grub nya tidak error.

Dan  Jangan lupa backup data-data penting Anda untuk mengantisipasi salah partisi atau gagal booting karena salah penempatan booting.

Selamat mencoba. 😁

Sumber : Grup Facebook Ubuntu Indonesia 
Previous
This is the oldest page

9 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
17 Juni 2017 pukul 07.47 ×

pernah nyoba mau install linux minta tapi ga bisa bikin bootablenya ke usb.. jadi ditunda dulu make linuxnya :D

Reply
avatar
Wawa Maisa
admin
17 Juni 2017 pukul 07.50 ×

pake rufus gan, kalo ane kalo rufus ngga bisa booting, ane ganti bootable pake unetbootin :D :ng

Reply
avatar
Unknown
admin
17 Juni 2017 pukul 09.20 ×

kalau install linux dulu baru windows susah ya gan?

Reply
avatar
Admin
admin
17 Juni 2017 pukul 09.29 ×

kalau makai dualboot ganggu performa pc ga ?

Reply
avatar
Designideas
admin
17 Juni 2017 pukul 10.57 ×

tnks gan sya juga mw coba ni.... msih bingung tpi

Reply
avatar
17 Juni 2017 pukul 11.51 ×

Dualboot boot itu agar apa bro?? Kalo boleh tau

Reply
avatar
Gamal Kevin
admin
17 Juni 2017 pukul 13.23 ×

Enggak. Ibaratkan agan punya garasi, baru punya satu mobil. Sedangkan garasinya masih muat untuk 2 mobil bahkan lebih.

Kalau garasinya diisi 2 mobil, apakah akan mempengaruhi garasinya? Apakah garasinya akan ambruk dan rusak? Tentu tidak. Asalkan tau cara memarkir mobilnya.

Perumpamaan di atas kira-kira mirip dengan dual booting.

Reply
avatar
Gamal Kevin
admin
17 Juni 2017 pukul 13.25 ×

Misalkan: Agan mau mencoba Linux, jenis apapun itu. Tapi di sisi lain agan masih membutuhkan Windows sebagai OS yang agan gunakan sehari-hari. Entah itu dalam hal pekerjaan, atau yang lainnya. Nah dual boot ini memungkinkan komputer / laptop agan untuk dipasang Linux & Windows dalam satu komputer yang sama, dalam waktu yang sama. Jadi tidak perlu melakukan format total kepada komputer.

Reply
avatar
Thanks for your comment